Melalui musthalah hadits terbuktilah kaum Muslimin memiliki metodologi yang sangat valid dalam menerima sebuah berita atau informasi
Infomedia | SALAH satu khasanah ilmu peninggalan Islam yang cukup dinamis yaitu ilmu musthalah hadits. Hingga saat ini kajian tentang ilmu ini cukup intensif dan berkembang.
Meski istilah musthalah hadits baru dikenal pada abad 4 Hijriyah, namun konsep dasarnya sudah ada sejak jaman Rasulullah ï·؛. Dalam surat al-Hujurat ayat 6, Allah memerintahkan agar umat Islam memeriksa dan meneliti sebuah berita dari orang munafik.
ظٹظژظ°ظ“ط£ظژظٹظڈظ’ظ‡ظژط§ ظ±ظ„ظژظ’ط°ظگظٹظ†ظژ ط،ظژط§ظ…ظژظ†ظڈظˆظ“ط§ غں ط¥ظگظ† ط¬ظژط¢ط،ظژظƒظڈظ…ظ’ Penghasilan kena pajak §غں ط£ظژظ† طھظڈطµظگظٹط¨ظڈظˆط§غں ظ‚ظژظˆظ’ظ…ظ‹غ¢ط§ ط¨ظط ¬ظژظ‡ظژظ°ظ„ظژط©ظچ ظپظژطھظڈطµظ’ط¨ظگطظڈظˆط§غں ط¹ظژظ„ظژظ‰ظ° ظ…ظژط§ ظپظژط¹ظژظ„ظ’طھظڈظ…ظ’ ظ†ظژظ°ط¯ظگظ…ظگظٹظ†ظژ
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.†(QS: Al-Hujurat: 6).
Demikian juga Rasulullah ï·؛ memberitahukan bahwa Allah mencerahkan wajah seseorang yang mendengar Hadist lalu menyampaikan berita itu sebagaimana yang didengar dan mungkin saja orang yang menerima berita itu lebih faham dari orang yang mendengar. (HR: Ibnu Majah).
Dalam upaya melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya, para sahabat telah menetapkan hal-hal yang menjamin suatu berita dan penerimaannya, terutama jika mereka tidak mengungkapkan kebenaran si pembawa berita.
Dalam pendahuluan kitab Shahih Muslimdituturkan dari Ibnu Sirin, bahwa para sahabat pada awalnya tidak pernah bertanya tentangistsad (periwayatan), namun setelah terjadi peristiwa fitnah, yaitu menyesatkannya Khalifah Utsman, mereka mengintip siapa yang meriwayatkan hadits.
Namun ilmu ini mulai berkembang pesat pada awal abad ke tiga Hijriah. Hanya saja, perkembangannya masih berkutat pada upaya mengetahui mana periwayatan hadits yang bisa diterima dan ditolak.
Ulama yang pertama kali menghimpun ilmu sejarah ini yaitu Muhammad Ibnu Shihab Al Juhri (W. 124 H), salah satu tabi’in yunior yang banyak mendengar hadis dari para sahabat dan tabi’in senior.
Ketika itu Khalifah Umar bin Abdul Aziz memerintahkan Gubernur Madinah Abu Bakar bin Muhammad bin Abi Bakr bin Hazm (W. 117 H) menghimpun Hadits-hadits Rasulullah ï·؛ agar bisa dipelajari oleh umat Islam.
Sang gubernur kemudian menunjuk Al-Zuhri untuk menghimpun dan membukukan Hadits-hadits Rasulullah ï·؛. Setelah itu banyak ulama yang melakukannya seperti Ibnu Juraij (W.150 H.), Ibnu Ishaq (W.151 H.), Imam Malik (W.179 H.), Sufyan at Tsury (W.116 H.), Imam al Auza†™I (156 H) dan lainnya.
Pada masa ini pari ulama menulis riwayat yang ada dalam hafalannya, baik dari Rasulullah ï·؛ maupun para sahabat. Mereka belum menentukan metodologi yang baku untuk memisahkan antara sabda Rasulullah ï·؛ dengan kata para sahabat.
Pada generasi berikutnya baru dimulai perpecahan antara Hadits Rasulullah dari fatwa-fatwa sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in. Para ulama perintis di fase ini antara lain Imam Ahmad, Imam Bukhari, Imam Muslim dan lainnya.
Sebelumnya Imam Syafi’I telah memberikan sebuah landasan atau kreteria syarat seorang perawi bisa diterima periwayatannya. Hal ini ada dalam kitabanya al-Umm dan al-Risalah.
Para ulama setelahnya kemudian mengambil metode dalam penerimaan dan penolakan perawi. Setelah para ulama memiliki metodologi yang baku dalam menentukan siapa yang layak meriwayatkan hadits, kemudian muncullah berbagai kitab hadits yang berbentuk musnad dan kitab hadits berdasar urutan dalam ilmu fiqih.
Kitab hadits musnad isinya tidak beraturan dan berurutan masalah demi masalah yang diketengahkan. Pasal yang diutamakan mengenai perawinya seperti pasal tentang Asiyah, Abdullah bin Umar, Abu Hurairah, Abdullah bin Abbas dan seterusnya.
Di antara yang terkenal adalah musnan Imam Syafiâ€I, musnad imam Ahmad dan lain sebagainya.
Selanjutnya, setelah berbagai kitab hadits yang ditulis oleh para ulama baik dalam bentuk musnad atau lainnya, generasi berikutnya berlomba menghafal Hadits-hadits dengan sanadnya serta meneliti kesahihannya.
Kitab-kitab yang terkenal pada fase ini, antara lain mu’jam Imam at Thabrani, Sunan Abi Daud, Sahih Abi Awanah, Sahih Ibnu Khuzaima. Ini terjadi pada abad IV Hijriyah.
Selanjutnya pada abad ke abad VH, para ulama hadits banyak menulis kitab-kitab hadits tematik dan meringkas kitab-kitab hadits yang telah disusun ulama terdahulu, seperti; Sunan al Kubra al Baihaqi, Muntaqal Akhbar al Harani, Nailul Authar sebagai Syaukani.
Hanya ada dalam Islam
Selain kitab hadits riwayatnya juga hadits dirayah. Sebenarnya, sejak abad kedua hijriyah para ulama hadits juga membahasnya, namun belum dalam bentuk kitab khusus sehingga belum merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Pada masa Al-Qadhi Ibnu Muhammad Al Ramahhurmudzi (W. 360 H) barulah dibukukan dalam kitab khusus. Karya Ramahhurmudzi yang berjudul al-Muhadditsul Fashil, dijadikan sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Setelah itu barulah diikuti oleh ulama-ulama berikutnya seperti al-Hakim Abu Abdillah Al Naysaburi (W. 405 H.), kemudian Abu Nu’aim al Ashfahany (430 H.).
Selanjutnya al-Khathib Abu Bakr al Baghdady (W. 463 H.) menyusun kitab al-Kifayah dan al-Jami’ li Adabis Syaikhi adalah Sami’ yang kemudian menjadi referensi para penulis hadits mushtalah berikutnya.
Selanjutnya ilmu ini semakin matang mencapai puncaknya dan memiliki istilah-istilah sendiri yang terpisah dengan ilmu-ilmu lainnya.
Cabang-cabangnya juga banyak dengan spesifikikasinya sendiri. Di antaranya ada ilmu rijal al-hadist yang fungsinya untuk mengetahui para perawi Hadist dalam kapasitas mereka sebagai perawi.
Ada juga ilmu al-jarah wa ta’dil yang membahas kecacatan mentah, seperti keadilan dan kedhabitannya. Dengan ilmu ini dapat ditentukan siapa diantara perawi itu yang dapat diterima atau ditolak hadis yang diriwayatkannya.
Kemudian ada ilmu tarikh ruwat yang fungsinya untuk mengetahui para perawi hadist yang berkaitan dengan usaha periwayatan mereka terhadap hadist. Ilmu ini membahas pembahasannya secara mendalam pada aspek kesejarahan dari orang-orang yang terlibat dalam periwayatan.
Yang tak kalah penting dan ini yang perlu mendapat perhatian khusus bagi orang yang belajar hadits yaitu ilmu muktalif al-hadist. Ilmu ini membahas Hadist-hadist yang bertentangan atau berlawanan, kemudian mengkompromikan antara keduanya, adakalanya dengan mentahkhisis-kan (mengkhusukan) yang saya (umum) atau men-takyidkan yang mutlak.
Di antara para ulama besar yang telah berusaha menyusun ilmu ini antara lain Imam Syafiâ€i, Ibnu Qutaibah, Ibnul Jauzy dalam kitabnya bernama at-Tahqiq. Ilmu ini juga membahas tentang Hadist-hadist isi atau kandungannya yang sulit difahami dengan cara menghilangkan kemuskilan atau kesulitannya serta menjelaskan hakikatnya.
Dengan lahirnya hadits musthalah Hal ini, terbuktilah bahwa kaum Muslimin memiliki metodologi yang sangat valid dalam menerima sebuah berita atau informasi. Ini tidak dimiliki oleh agama-agama lain.*/Bahrul Ulumdari majalah Suara Hidayatullah
Comment