ANBK UNTUK SIAPA MANFAATNYA?
Oleh : Ariyadi, S. Pd. I*
Tahun 2024 merupakan tahun keempat sekolah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Program ini merupakan pengembangan izin setelah cobaan nasional (UN) secara resmi dihapuskan. Secara formal ANBK dilakukan untuk mengukur kualitas mutu sekolah (pendidikan) pada masing-masing eceran pendidikan, bukan kualitas perseorangan peserta didik. Maka mindset ANBK sebagai sesuatu nan sangat “sacral” kudu terus dijaga supaya semangat peserta didik dalam berkontribusi atas nama sekolah dapat terus ditingkatkan.
ANBK pada eceran pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dilaksanakan pada hari senin dan selasa tanggal 19-22 Agustus 2024 dan agenda semua hierarki ANBK bakal dilaksanakan sampai bulan November 2024 untuk hierarki SD sederajat. Beragam anotasi dari penyelenggaraan ANBK tahun sebelumnya hendaknya beragam pihak bersedia menuangkan kontribusi positif supaya ANBK tahun 2024 dan seterusnya tidak sekedar menjadi jadwal tahunan namun mempunyai arah dan kegunaan mutu pendidikan nan berorientasi pada jadwal reformasi pendidikan.
Jikalau dulu penyelenggaraan cobaan nasional sering dibumbui dengan kecurangan, maka kita berangan-angan ANBK menjadi solusi atas problem nan pernah ada saat izin cobaan nasional tetap dijalankan. ANBK nan secara mekanisme melibatkan siswa kelas XI untuk hierarki SLTA, kelas VIII untukjenjang SLTP, dan kelas V untukjenjang SD bakal lebih efisien jikalau ada program tindak lanjut ialah dilakukannya pembinaan untuk menentukan studi lanjut nantinya, sehingga potensi tumbuhnya kesadaran dalam melanjutkan studi bakal mempengaruhi kualitas dan mutu pendidikannya.
Saat ini ada banyak sekolah swasta nan dengan terpaksa kudu “gulung tikar” lantaran perolehan peserta didik tidak maksimal sehingga tidak terpenuhi juga dana operasional sekolah nan dibutuhkan. Kondisi ini terjadi lantaran banyak kebijakan sekolah nan tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah sehingga program dan izin pendidikan seolah cuma jadwal rutin termasuk penyelenggaraan ANBK.
Reformasi Pendidikan
ANBK ialah salah satu fragmen dari reformasi pendidikan Jadwal Reformasi pendidikan merupakan jadwal besar dalam menyiapkan jasa pendidikan nan lebih baik. Suksesnya Reformasi pendidikan diukur dari seberapa besar jasa pendidikan dapat dirasakan oleh peserta didik dan penduduk serta meningkatnya kualitas dan mutu pendidikan. Reformasi pendidikan bukanlah program instan sehingga butuh keinginan semua pihak untuk berbareng menyukseskan jadwal tersebut.
Sebagai pelatih nan setiap hari berhubung dengan peserta didik tentu kami berangan-angan, bahwa reformasi pendidikan kudu terus dilakukan demi tercapainya formula pendidikan nan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tentunya nan berorientasi pada tercapainya tujuan pendidikan nasional. Ada banyak profesi rumah bagi global pendidikan nan kudu terjadwal dalam ruang lingkup reformasi pendidikan. Oleh karenanya memetakan beragam problem nan dihadapi pelatih dan sekolah kudu terus dilakukan supaya jasa pendidikan dapat lebih optimal.
Selanjutnya, pemerintah sebagai pemangku kebijakan hendaknya berbuat evalusi secara sistematis sehingga semua program nan menjadi jadwal dari reformasi pendidikan dapat termonitoring secara maksimal. Dalam ANBK misalnya tetap sering terjadi gangguan server, jaringan, dan hambatan teknis lainnya. Dan sudah menjadi catatanbahwa hambatan teknis nan terjadi rupanya tidak cuma satu alias dua sekolah, rupanya ada banyak sekolah mengalami hambatan nan sama.
Banyaknya jadwal dalam reformasi pendidikan menuntut siapa saja untuk lebih peduli sehingga jikalau ditemukan jadwal lain dalam reformasi pendidikan nan belum sesuai dengan kebutuhan penduduk sebagai konsumen pendidikan kudu segera ditindaklanjuti supaya kewenangan pendidikan dapat tersalurkan secara baik dan akuntabel.
Dan nan ketiga ialah komitmen. Komitemen mengoptimalkan jadwal reformasi pendidikan ialah kewajiban berbareng. Pemerintah, sekolah, pelatih, orang tua, dan peserta didik mempunyai peran stategis nan sama ialah menjaga komitmen besar supaya apa nan telah menjadiagenda reformasi pendidikan nan meliputi kurikulum merdeka, ANBK, digitalisasi pendidikan, dan lain sebagainya dapat terwujud kuat dengan komitmen dan integritas.
Dengan terus berusaha penuh kepercayaan bahwa problematika pendidikan nan saat ini dihadapi oleh penduduk bakal menemukan solusi melalui jadwal reformasi pendidikan. Salah satunya ialah diperolehnya hasil ANBK nan menjunjung tinggi integritas sehingga kualitas dan mutu sekolah dapat terekam dengan baik sehingga pemerintah dapat memetakan kesempatan tumbuhnya sekolah nan bermutu.
Selamat melaksanakan ANBK 2024 dengan penuh kewajiban.
Pewarta ialah
Pelatih Pendidikan Keyakinan dan Budi Pekerti
SMA Islam Al Azhar 15 Kalibanteng Semarang.
BIODATA PENULIS
NAMA LENGKAP : ARIYADI, S.Pd.I
ALAMAT : TEGOWANU WETAN RT 2 RW 1 TEGOWANU GROBOGAN JAWA TENGAH
NO . HP : 085725053290
EMAIL : [email protected]
INSTANSI : SMAI AL AZHAR 15 SEMARANG
ALAMAT INSTANSI : JL. SRI KUNCORO III No. 5 SEMARANG 024 76433223, 024 7602167
MOTTO : KERJA DUNIA DENGAN CERDAS, KERJA AKHIRAT DENGAN
IKHLAS
Comment