Cakrawala

Pedoman Rukhshah Saat Safar di Bulan Ramadan (Bag. 2)

7
×

Pedoman Rukhshah Saat Safar di Bulan Ramadan (Bag. 2)

Share this article
Pedoman Rukhshah Saat Safar di Bulan Ramadan (Bag. 2)


Beberapa rukhshah bagi orang nan safar (lanjutan)

Pada tulisan fragmen pertama telah disebutkan beberapa rukhshah bagi orang nan safar. Berikut ini ialah bahasan beberapa rukhshah selanjutnya, antara lain:

Mengusap khuf, sorban, dan nan semisalnya selama tiga hari tiga malam

Dari sahabat ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu beliau berbicara,

جعل رسول الله صلى الله عليه و سلم ثلاثة أيّام ولياليهنّ للمسافر و يوما و ليلة للمقيم

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menetapkan (waktu mengusap khuf) tiga hari tiga malam bagi orang nan sedang berbuat safar dan sehari semalam bagi orang nan mukim.” (HR. Muslim no.75)

Menyantap buntang ketika dalam keadaan nan sangat gawat

Allah Subhanahu wa ta’ala bersabda,

فمن اضطرّغير باغ ولا عاﺪ فلا اثم عليه ﺇنّ الله غفور الرحيم

Siapa nan dalam kondisi terpaksa memakannya sedangkan dia tidak menginginkannya dan tidak pula melebihi pemisah, maka dia tidak berdosa. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 173)

Meninggalkan salat sunah rawatib

Ibnul Qayyim menjelaskan, “termasuk di antara instruksi Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersafar ialah mengqashar salat fardhu dan beliau tidak mengerjakan salat sunah rawatib qabliyah dan ba’diyah. Sedangkan nan biasa beliau statis lakukan ialah mengerjakan salat sunah witir dan salat sunah qabliyah subuh. Beliau tidak pernah meninggalkan kedua salat ini baik ketika bermukim dan ketika bersafar.” (Zaadul Ma’ad, 1:456)

Mengerjakan salat di atas kendaraan, spesifik untuk salat sunnah. Sedangkan salat fardhu, pada asalnya mengerjakannya dengan turun dari kendaraan

Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma menjelaskan

أن الله صلى الله عليه وسلّم كان يصلي التطوع وهو راكب في غير القبلة

“Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan salat sunah di atas kendaaraan tanpa menghadap kiblat.” (HR.Bukhari no.1094)

Tidak berpuasa di bulan Ramadan dan mengqadha puasa nan ditinggalkannya pada hari nan lain

Allah Subhanahu wa ta’ala bersabda,

فمن كان منكم مريضا أو على سفر فعدّة من أيّام أخر

“Jikalau di antara Anda ada nan sakit alias dalam perjalanan (lampau ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari nan ditinggalkan itu pada hari-hari nan lain”. (QS. Al-Baqarah:184)

Macam-macam safar

Spesies-jenis safar berlandaskan hukumnya dibagi menjadi empat, yakni:

1) Safar wajib, seperti safar untuk haji dan berjihad.

2) Safar sunah, seperti safar untuk mengunjungi seseorang semisal saudara dan safar haji nan kedua kalinya.

3) Safar mubah, seperti safar untuk bedagang alias sekadar jalan-jalan.

4) Safar haram, safar untuk perkara maksiat kepada Allah.

Rukhshah tidak beraksi bagi aneka safar nan keempat, ialah safar haram. Baik rukhshah dalam perkara mengqashar salat sampai pada keringanan meninggalkan puasa.

Korelasi antara safar dengan tanggungjawab berpuasa Ramadan

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika ditanya tentang perkara puasa ketika safar, beliau berfirman,

ﺇن شئت فصم و ﺇن شئت فأفطر

“jikalau Anda berkemauan maka berpuasalah dan jikalau Anda berkemauan pula maka berbukalah.” (HR. Bukhari no.1943)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu beliau berbicara,

وخرج إلى مكّة صائما في رمضان, فلما بلغ الكديد أفطر, فأفطر الناس

“dan Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju Mekah dalam kondisi berpuasa, ketika sampai di permukaan dunia nan luas beliau berbuka, maka berbukalah manusia (nan lainnya)” (HR.Bukhari no. 1944)

Ibnu Qudamah berbicara,

ويباح الفطرفي رمضان الطويل الذي يباح فيه قصر الصلاة

“Dan dipebolehkan untuk berbuka pada safar nan panjang, ialah pada (jeda) safar nan membolehkan qashar salat padanya.” (Al-Mughni 3/34)

Safar merupakan salah satu karena diberikannya rukhshah (keringanan) dalam menjalankan amalan termasuk di dalamnya ialah berpuasa Ramadan. Penyebab diberikannya rukhshah saat safar ialah terdapat kesusahan alias apalagi mudharat di dalamnya jikalau statis memaksakan untuk berbuat amalan tersebut.

Secara garis besar korelasi safar dengan amalan puasa Ramadan dibagi menjadi tiga,

Pertama, jikalau safar nan dilakukan membikin seseorang bobot untuk berbuat puasa dan menghalanginya untuk berbuat amal. Maka dalam keadaan ini, berbuka lebih baik baginya (lebih afdhal) dibandingkan statis berpuasa.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma beliau berbicara,

“Suatu ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berharta dalam perjalanan, lampau beliau memandang sekelompok orang nan berdempetan dan orang nan sedang diteduhi. Lampau Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya ‘Apa ini?’ mereka menjawab, ‘Dia sedang berpuasa.’ Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berfirman, ‘Bukan termasuk amal (baginya), berpuasa di dalam perjalanan’.” (HR. Bukhari no. 1844 dan Muslim no. 1115)

Kedua, jikalau safar nan dilakukan membikin seseorang merasa bobot unuk berpuasa dan berpotensi menyebabkan kematian. Maka dalam keadaan ini, seseorang wajib untuk berbuka dan haram hukumnya untuk berpuasa.

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhuma beliau berbicara,

“ Bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam keluar menuju Mekah ketika Fathu Makkah pada bulan Ramadan, beliau berpuasa hingga sampai di sebuah tempat berjulukan Kura’ Al-Ghamim, sementara orang-orang ikut berpuasa. Kemudian beliau meminta diambilkan segelas air dan mengangkatnya sehingga semua orang melihatnya, lampau beliau meminumya. Setelah itu dikataka kepada beliau bahwa sebagian orang statis berpuasa. Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berfirman, ‘mereka ialah orang-orang nan berbuat maksiat, mereka ialah orang nan berbuat maksiat’.” (HR. Muslim no.1114)

Ketiga, jikalau safar nan dilakukan tidak membikin seseorang merasa bobot untuk berpuasa dan tidak menghalanginya untuk berbuat amal. Maka dalam keadaan ini, berpuasa lebih baik baginya (lebih afdhal) dibandingkan berbuka.

و أن تصوموا خيرا لكم إن كنتم تعلمون

“Dan berpuasa lebih baik bagimu jikalau Anda mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Anotasi krusial tentang rukhshah 

Sebagaimana detail nan telah disebutkan sebelumnya, syariat rukhshah ialah boleh diambil boleh juga tidak. Adapun praktik nan dilakukan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ialah dengan adopsi kemudahan nan Allah berikan sebagai suatu shadaqah kepada hamba-Nya. Ketahuilah bahwa rukhshah tidaklah mengurangi pahala sebuah amalan. Justru pahala nan bakal di dapatkan seorang bakal statis sebagaimana ketika dirinya sedang dalam keadaan mukim ataupun sehat.

إذا مرض العبد أو سافر, كتب له مثل ماكان يعمل مقيما صحيحا

“jikalau seorang sakit alias bersafar, maka dicatat baginya pahala sebagaimana dia mukim alias ketika dia sehat.”(HR. Bukhari no.2996)

Demikian, semoga berfaedah. Wallahu waliyyut taufiq.

[Selesai]

Balik ke fragmen 1

***

Pewarta: Putri Idhaini

Tulisan Infomedia

 

Bacaan:

1) Mushaf Al-Quran terjemah online

2) Mesin pelacak sabda online

3) Al- Wajiiz fii Fiqhi As-Sunnah wa Al-Kitaab Al-Aziiz, Syaikh Abdul ‘Adzim bin Badawi, Dar Ibn Ragb, 2017.

4) Al-Fiqhu Al-Muyassar fii Dhaui Al-Kitaab wa As-Sunnah, kompilasi para ustadz, Maktabah Al-Anugerah Ad-Dar Al-Baidha’, 2016

5) Pedoman Ramadhan Kontemporer, Muhammad Abduh Tuasikal, Penerbit Rumaysho, Yogyakarta, 2018.

6) Kitaab As-Shalah min Al-Fiqhu Al-Muyassar fii Dhaui Al-Kitaab wa As-Sunnah (Terjemah), Beni Sarbeni, Penerbit Yayasan Berguru Islam Bandung, 2023.

7) Klarifikasi Tentang Rukun Islam (e-book), Abu Hafidzah, Pustaka Al-Bayyinah.



Comment